RADIOLOGI

Unit Radiologi RSU. Kertha Usada  adalah unit penunjang medis bertujuan memberikan layanan pemeriksaan radiologi dan akan memberikan hasil berupa foto /gambar yang akan digunakan sebagai penunjang untuk membantu dokter dalam menegakkan diagnose suatu penyakit pada pasien agar perawatan yang diberikan dapat tepat dan benar.

Unit Radiologi RSU. Kertha Usada juga didukung oleh staff dan dokter yang berkompeten di dalam bidang radiologi dan kedokteran spesialis radiologi

Unit Radiologi RSU. Kertha Usada memiliki peralatan radiologi unggulan antara lain :

 

 

CT Scan (Computerized Tomografi Scan)

Digunakan untuk melakukan pemeriksaan organ dalam dengan menggunakan sinar-x. Beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan antara lain :

  • Pemeriksaan radiologi konvensional tanpa media kontras seperti jantung, paru-paru, tulang, perut, dll.
  • Pemeriksaan radiologi dengan media kontras diantaranya :pemeriksaan sistem saluran kemih, saluran cerna, system biliaris dan sistem genitalia.

Stasionary X-Ray Unit juga telah dilengkapi dengan teknologi CR (Computed Radiology) yang akan menghasilkan gambar yang tajam dan detail.

  • Jadwal Pelayanan Rontgen tanpa Kontras Setiap Hari 24 Jam
  • Jadwal Pelayanan Rontgen dengan Kontras Sesuai dengan perjanjian

 

 

CT Scan (Computerized Tomografi Scan)

Digunakan untuk melakukan pemeriksaan organ dalam tubuh dengan menggunakan sinar-X yang telah dilengkapi dengan sistem komputer.

CT Scan adalah alat pemindai yang dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memonitor beragam kondisi kesehatan, pemeriksaan yang dapat dikerjakan antara lain :

  • Melakukan diagnosis kelainan otot dan tulang, seperti tumor atau retak pada tulang.
  • Menentukan lokasi tumor, infeksi, atau bekuan darah.
  • Memandu prosedur medis ketika melakukan operasi, biopsi, atau terapi radiasi.
  • Mendeteksi dan memonitor kondisi dan penyakit tertentu, seperti kanker, sakit jantung, nodul pada paru-paru, dan massa pada hati.
  • Mencari tahu cedera atau pendarahan internal.
USG                                                      

USG adalah teknik menciptakan gambar ilustrasi nyata yang berasal dari dalam tubuh seseorang. Dalam menciptakan gambar, alat ini memanfaatkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi.

Dengan USG, dokter dapat mendeteksi berbagai masalah yang menimpa jaringan tubuh, pembuluh darah, dan organ-organ tubuh. Hebatnya, alat ini tidak memerlukan pembedahan saat mencitrakan masalah dalam tubuh. Keunggulan lain dari metode yang juga dikenal dengan nama sonografi ini adalah nihilnya penggunaan radiasi.

Mobile Xray 

berfungsi untuk mendiagnosa penyakit pada organ tubuh bagian dalam dengan bantuan sinar x dengan pembangkit tegangan tinggi merupakan pengisian muatan pada kondensator, sehingga x-ray ini dioperasikan oleh baterai.

Dipergunakan untuk tindakan radigraphy dari suatu ruangan ke ruangan perawatan lain.

C-arm

C-arm merupakan salah satu alat radiologi yang digunakan untuk melihat gambar atau obyek dari pasien yang akan dilihat langsung dengan cara floroscopi dengan bantuan layar monitor. Berfungsi untuk menunjang proses pelayanan medis pada penanganan penyakit organ dalam, tulang, dan tindakan operasi. Hal itu merupakan keunggulan teknologi C-Arm ini. Dengan menggunakan alat tersebut, letak benda atau obyek pemeriksaan yang berada di dalam tubuh dengan mudah dapat dideteksi, bahkan dapat dilihat langsung secara real time. Uniknya lagi, teknologi C-Arm ini mampu menampilkan objek secara tiga dimensi, sehingga dapat dilihat dengan lebih jelas dan utuh dari berbagai sisi dan posisi.

 

 

 

 

 

 

Like & Share