Indikator Mutu Triwulan IV

Program peningkatan mutu dan keselamatan pasien RSU Kertha Usada pada tahun 2014 menetapkan indikator rumah sakit yang sesuai dengan standar Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien ( PMKP ) dari KARS versi 2012. Berdasarkan standar PMKP 3 dapat diklasifikasikannya indikator rumah sakit sebagai berikut : 11 Indikator Area Klinis ( akan tetapi di RSU Kertha Usada Singaraja ada 10 Indikator oleh karena RSU Kertha Usada tidak melakukan Riset Pendidikan ), 9 Indikator Area Manajemen, 6 Indikator Sasaran Keselamatan Pasien, serta analisis trend kejadian yang tidak diharapkan. Lima indikator klinik merupakan indikator yang dipilih dari JCI’s Library of Measure yang dilaporkan hasil pemantauannya dalam 10 indikator klinik, serta indikator PMKP unit yang diambil dari indikator SPM.

Selain pemantauan yang dilakukan oleh unit kerja masing – masing, pemantauan juga dilakukan melalui program validasi data. Penyahihan / validasi data  merupakan alat penting untuk memahami mutu dari data mutu dan untuk mencapai tingkat dimana data tersebut cukup meyakinkan bagi para pembuat keputusan. Hitungan keakuratan dilakukan dengan membandingkan hasil data orang pertama dengan orang kedua. Hasil data orang kedua harus ≥ 90% dari hasil data orang pertama untuk dikatakan sebagai valid.

Laporan Triwulan IV tahun 2017 ini dibuat untuk mengevaluasi perkembangan hasil pemantauan indikator mutu yang diambil oleh unit kerja dari bulan Oktober sampai dengan Desember 2017. Hasil laporan ini belum dilakukan benchmarking dengan rumah sakit lain, masih dilakukan validasi internal saja oleh tim mutu rumah sakit.

 

 

Kelengkapan isian form DPJP pada pasien rawat inap
« 1 dari 12 »